oleh

Sosialisasi dan Simulasi UKBI bagi Pejabat Pemerintah di Kabupaten Indragiri Hulu

Balai Bahasa Riau mengadakan “Sosialisasi dan Simulasi UKBI bagi Pejabat Pemerintah di Kabupaten Indragiri Hulu”. Acara tersebut dibuka oleh Dra. Hj. Erlina Wahyuningsi, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhu. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai plt. Kepala Dinas Pendidikan. Beliau sangat mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Bahasa Indonesia wajib digunakan pada media ruang publik, informasi produk barang dan jasa, serta pelayanan umum.
UKBI merupakan peningkatan mutu kompetensi kemahiran berbahasa Indonesia bagi setiap peserta. Diharapkan kegiatan yang diselenggarakan Balai Bahasa Riau ini dapat menjadi tutor/pionir penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing.

Peserta kegiatan terdiri atas lima puluh (50) orang pejabat/kepala dinas OPD yang berada di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari. Peserta mendapatkan materi yang disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Riau mengenai Kebijakan Bahasa yang dilanjutkan dengan Sosialisasi UKBI. Setelah itu, para peserta mengikuti tes UKBI seri pelatihan.
UKBI dijadikan syarat penerimaan CPNS, promosi naik jabatan, dan syarat menjadi pejabat di dinas-dinas. UKBI berfungsi untuk memartabatkan bahasa Indonesia dan peningkatan komunikasi pada pelayanan masyarakat. Pejabat yang diundang menjadi peserta diharapkan mampu menyampaikan informasi mengenai UKBI di lingkungan masing-masing.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed