oleh

Penghargaan Kepada Komunitas Komunitas Seni Rumah Sunting pada Semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2022

Penghargaan Kepada Komunitas Komunitas Seni Rumah Sunting pada Semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2022

Balai Bahasa Provinsi Riau memberikan Penghargaan Kepada Komunitas Komunitas Seni Rumah Sunting pada Semarak Bulan Bahasa dan Sastra 2022.

Komunitas Seni Rumah Sunting yang biasa disingkat Rumah Sunting merupakan wadah bagi pencinta seni, sastra, dan budaya di Riau. Rumah Sunting yang berdiri tanggal 11 April 2012 didirikan oleh Kunni Masrohanti, seorang sastrawan Riau. Di bawah asuhannya, Rumah Sunting berkibar dengan berbagai kiprah seni budayanya. Rumah Sunting berkegiatan di bidang tari, musik, teater, dan sastra. Selain berkiprah di gegap-gempitanya kota, Rumah Sunting juga menjelajah ceruk-ceruk daerah yang jarang dilirik untuk kegiatan-kegiatan kesastraan. Bahkan kegiatan di berbagai pelosok Riau merupakan salah satu kekhasan kegiatan berkesenian yang dilakukan Rumah Sunting. Keinginan untuk berkesenian di daerah, selain untuk memperkenalkan seni kepada masyarakat di daerah, juga karena kepedulian mereka terhadap lingkungan.

Sebagai komunitas sastra, Rumah Sunting bergerak atas landasan tersebut. Mereka turun ke pelosok daerah untuk mengedukasi masyarakat melalui seni, termasuk sastra. Mereka membawa buku sebagai bahan bacaan bagi masyarakat, terutama anak-anak. Mereka mengajak anak-anak untuk membaca dan mencintai buku. Buku-buku ini mereka berikan kepada anak-anak dan komunitas yang ada di tempat yang mereka kunjungi. Selain itu, Rumah Sunting juga menyelenggarakan pentas seni dengan menampilkan pembacaan puisi, teatrikal puisi. Mereka juga mengajarkan anak-anak untuk bersastra; mengungkapkan perasaan dan keinginan melalui sastra.

Rumah Sunting menggelar Kenduri Puisi secara rutin, Ngopi Literasi Konservasi, Jelajah Budaya, dan berbagai kegiatan bersastra lainnya. Atas kegiatannya tersebut, Rumah Sunting sudah juga mendapatkan berbagai penghargaan.
#penghargaanBBSRiau2022
#bulanbahasadansastra2022
#bangkitbersama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.