oleh

Pemberdayaan Komunitas Literasi Bidang Kebahasaan dan Kesastraan di Kabupaten Siak


Balai Bahasa Provinsi Riau kembali mengadakan kegiatan “Pemberdayaan Komunitas Literasi Bidang Kebahasaan dan Kesastraan di Kabupaten Siak” pada 10—11 April 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Desa Perawang Barat, Perawang dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau yang diwakili oleh ZIhamussholihin, S.Ag.,M.Pd. Kegiatan di ibukota Kecamatan Tualang ini bertujuan untuk memberikan pembinaan terhadap komunitas literasi yang ada di Kabupaten Siak ini dikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari utusan pegiat literasi, TBM, perpustakaan desa/kampung, dan perpustakaan sekolah yang ada di Kabupaten Siak. Kegiatan ini dimeriahkan oleh 25 orang penampil dari komunitas literasi yang telah terbina oleh Balai Bahasa Provinsi Riau.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Zihamussholihimn, S. Ag., M.Pd. (Analis kepegawaan di Balai Bahasa Provinsi Riau) dengan materi “Kebijakan Bahasa dan Sastra”, Dede Herwin, S.Sos. (Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak) dengan materi “Pprpustakaan Desa sebagai Pusat Literasi di Desa, Asqalani (Sastrawan dan pendiri Kompeter) dengan materi “Teknik Menulis dan Membaca Puisi”, dan Bambang Kariawan, M.Pd. (guru di SMA Cendana Duri dan pegiat literasi) dengan materi “Teknik Menulis cerpen dan Esai”. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan mampu menciptakan karya tulis berupa puisi atau cerpen maupun esai dan bisa mempublikasikannya dengan baik.

Para peserta sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini. Mereka sangat gembira dengan adanya kegiatan seperti ini. Mereka merasa termotivasi untuk menggiatkan kegiatan keliterasian di Kabupaten Siak, menumbungkankembangkan minat baca di TBM dan perpustakaan desa, dan merangsang aktivitas bidang bahasa dan sastra di komunitas literasi. Resi yang merupakan seorang pegiat literasi dari TBM Kampung Dongeng Perawang sangat berterima kasih yang telah mengadakan di kota industri ini. Dia berharap Balai Bahasa Provinsi Riau selalu memberikan pembinaan kepada komunitas literasi yang ada di Kabupaten Siak dan di Perawang khususnya. Di sela-sela kegiatan tersebut, para pegiat literasi d Siak membentuk suatu wadah yang bernama “Komunitas Literasi Siak” yang disingkat menjadi Koalisi (Fit)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed